Jumat, 20 Oktober 2017

Rapat Koordinasi ke-3 MGMP TGB SMK Kota Malang

Pembahasan Hasil LKS TGB Tingkat Kota Mewarnai MGMP Ketiga Guru TGB

Jum'at tanggal 13 Oktober 2017 pukul 13.00 WIB, Guru-guru yang tergabung dalam MGMP Teknik Gambar Bangunan yang sebelumnya bernama MGMP Teknik Konstruksi dan Properti, melaksanakan musyawarah ketiga yang bertempat di SMK Nasional Malang. Dalam musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) kali ini, agenda utamanya adalah (1) Pembahasan hasil Lomba Kompetensi Siswa (LKS) CAD Building Tingkat Kota Malang, (2) Optimalisasi pemanfaatan Web Blog TGB Kota Malang, (3) Pemantapan Program Kerja, dan (4) Pembahasan persiapan In House Training Menggambar dengan Perangkat Lunak.

Pada pembahasan agenda pertama tentang evaluasi pelaksanaan LKS CAD Building, ada beberapa masukan, pertama; mengurangi jumlah peserta LKS menjadi hanya 2 peserta, agar penerima status juara I, II, III bisa jadi tidak hanya disandang oleh SMKN 6 Malang, karena sebagaimana yang diketahui tiga tahun berturut-turut sejak tahun 2015, 2016 dan 2017, SMKN 6 Malang selalu merebut Juara I, II dan III pada LKS CAD Building Tingkat Kota Malang. Selain itu juga diusulkan bahwa bisa jadi peserta per sekolah tetap 3 siswa namun predikat juara tidak hanya I, II dan III, tetapi juga juara harapan I dan II, agar selain siswa SMK6 Malang bisa juga merasakan mengangkat piala. Kedua, perlu adanya fasilitas seragam lomba yang sama, agar terkesan lebih fairplay dan tidak diketahui dari sekolah mana siswa tersebut berasal.


Ketiga, apabila juri lomba yang selama ini selalu disediakan oleh SMKN 6 Malang, maka bisa dibuat bergilir, sehingga tahun depan bisa diserahkan SMKN 11 Malang ataupun SMK Nasional untuk penyediaan juri. Pergantian juri ini bukannya ada indikasi juri yang tidak fair, justru selama ini juri sudah fair karena menilai berdasarkan nomor pekerjaan siswa bukan nama atau sekolah siswa, sehingga juri tidak tahu siapa dan dari sekolah mana siswa ini berasal. Soal-pun juga disediakan juri dan tidak ada campur tangan panitia dalam membuat soal. Penyediaan juri independen dari Du/Di ini juga dirasa fair, karena selama ini lomba-lomba yang diadakan MGMP dinilai oleh juri dari anggota MGMP sendiri. Keempat, adanya wacana ke depan untuk setiap sekolah memiliki kelas expert/unggulan/khusus untuk melatih intensif siswa dalam menghadapi LKS.

Pembahasan agenda musyawarah kedua adalah tentang optimalisasi web blog MGMP. Web blog yang dikelola oleh bagian administrasi MGMP tergolong aktif dan juga mengharapkan partisipasi aktif dari anggotanya. Fokus pada optimalisasi kali ini adalah mengaktifkan loker guru dan mengunggah file-file penting guru yang bisa bermanfaat bagi guru lain, sehingga guru lain dapat mengunduh file tersebut apabila diperlukan.


Agenda ketiga adalah pembahasan program kerja. Perlu adanya program yang dibuat terstruktur oleh sekretaris setelah program tersebut disetujui, program yang sudah disepakati dari musyawarah kali ini antara lain; (1) Pertemuan rutin MGMP setiap 2 bulan sekali, (2) Bendahara memiliki kegiatan rutin berupa iuran Rp 35.000 per anggota setiap pertemuan sesuai kesepakatan MKKS, (3) Bidang Perencanaan dan Pengembangan mengagendakan pelatihan guru dan pelatihan siswa, (4) Sekretaris dan Bidang Administrasi melaksanakan tertib administrasi dan terus-menerus mengembangkan web blog, selain itu Bidang Administrasi telah memberikan program terinci yang telah tertera pada tabel program kerja, (5) Bidang Sarana mengupayakan adanya jaket MGMP, (6) Bidang Humas mengupayakan pengenalan kegiatan MGMP ke masyarakat serta mengupayakan kerjasama sponsorship dengan Du/Di di setiap kegiatan MGMP.

Agenda keempat adalah kesepakatan pelatihan guru atau in house training yang dilaksanakan oleh bidang perencanaan dan pengembangan. Kegiatan ini bernama "Pelatihan 30 Jam Menggambar dengan Perangkat Lunak". Pelatihan ini menggunakan perangkat lunak AutoCAD 2010, dan dilaksanakan pertama pada tanggal 11 November 2017 di SMKN 6 Malang, Pelatihan kedua pada tanggal 18 November 2017 di SMK 11 Malang, Pelatihan ketiga pada tanggal 25 November 2017 di SMK Nasional Malang. Setelah itu akan diteruskan dengan kegiatan pelatihan untuk siswa yang akan diagendakan kemudian.


Agenda terakhir adalah informasi hasil workshop yang diikuti ketua MGMP yaitu, (1) MGMP bisa menjadi organisasi profesi selain PGRI, (2) Pengembangan profesi guru selanjutnya adalah dalam pemanfaatan teknologi digital, untuk mengikuti perkembangan zaman. Terakhir rapat MGMP memutuskan untuk pertemuan berikutnya bertempat di SMKN 11 Malang, Jumat tanggal 8 Desember 2017. 

Dokumen pertemuan berupa daftar hadir, notulen rapat dan foto kegiatan dapat diperoleh pada tautan ini.

By: WIG


0 komentar:

Posting Komentar

RSS Feed   Berlangganan Informasi melalui E-mail