Senin, 09 April 2018

In House Training 3D Modelling SketchUp Tahap Pertama Berjalan Luar Biasa


Aktifitas MGMP TGB Kota Malang dalam mengadakan IHT 3D Modelling Sketchup hari Sabtu tanggal 7 April 2018 di SMK Nasional Malang disambut dengan luar biasa. Terbukti ternyata kegiatan ini tidak hanya dihadiri oleh Guru-guru TGB SMK di Kota Malang, namun juga dihadiri Guru-guru TGB dari Pamekasan Madura dan Mojokerto. Panitia menyatakan bahwa sejak disebarkannya informasi mengenai adanya kegiatan IHT digrup Whatsapp Guru Bangunan Jawa Timur, maka diketahui ternyata banyak Guru-guru yang berminat mengikuti kegiatan tersebut, sehingga panitia memberanikan diri untuk memfasilitasi keinginan tersebut dengan keterbatasan fasilitas yang ada.

Sambutan Kepala Sekolah SMK Nasional Malang
Bapak Drs. Muhammad Taufik, M.Pd

IHT 3D Modelling dengan Sketchup yang bersamaan dengan pertemuan rutin MGMP TGB SMK Kota Malang ke-enam ini diikuti 19 Guru dan menerima 9 materi tentang Sketchup pada modul 252 halaman yang disusun oleh Bapak Yoyok RB yang sekaligus sebagai Instruktur. Materi yang dipelajari dalam buku ini antara lain; (1) Antar muka Sketchup, (2) Manipulasi Obyek, (3) Menggambar di Sketchup, (4) Mengukur dan Memberi Label, (5) Pengorganisasian, (6) Bekerja dengan Komponen, (7) Bekerja dengan Material, (8) Bekerja dengan Tekstur, dan (9) Rendering dan Animasi. Dan sesuai harapan, hasil akhir dari IHT ini peserta mampu memodelkan gambar 3 dimensi eksterior dua rumah satu lantai, bersama seluruh teknik renderingnya dan animasinya serta dapat mengekspor ke aplikasi yang lain. Dua tugas ini dikerjakan dengan seksama dalam waktu 10 jam pelatihan dimana 7 jam dikerjakan dikelas dan 3 jam berikutnya dikerjakan diluar kelas.

 Aktifitas kegiatan In House Traning

Sesuai rencana, IHT 3D Modelling Sketchup tahap kedua akan diadakan di SMKN 6 Kota Malang pada hari Sabtu tanggal 21 April 2018. Nantinya pada tahap 2 ini peserta akan mendapatkan materi Rendering lanjutan dengan Vray. Diharapkan IHT yang didanai dari keuangan mandiri para Guru  ini benar-benar mencapai tujuannya yaitu memberikan kompetensi yang mumpuni kepada para Guru TGB yang bernaung di organisasi profesi MGMP ini, sehingga pada akhirnya para siswa juga bisa mendapatkan imbas kompetensi dari para Guru yang mengikuti IHT ini.


By: WIG

0 komentar:

Posting Komentar

RSS Feed   Berlangganan Informasi melalui E-mail