Minggu, 29 April 2018

Rendering dengan Lumion Mengakhiri Rangkaian IHT Modeling 3D


Sesuai dengan jadwal bahwa IHT In Pertama di SMK Nasional tanggal 7 April 2018 lalu peserta belajar Pemodelan 3 Dimensi dengan Sketchup 2015, kemudian In Kedua tanggal 21 April 2018 bertepatan dengan Hari Kartini peserta belajar Rendering 3 Dimensi dengan Vray 2.0 di SMK Negeri 6 Malang, dan IHT terakhir ini, In Ketiga peserta mendapatkan materi luar biasa yaitu belajar Rendering 3 Dimensi dengan Lumion 4.5.1 di SMK Negeri 11 Malang. Masih dengan instruktur yang sama yaitu Bapak Yoyok R. B. Rendering Lumion ini diawali dengan mempersiapkan instalasi software yang pada umumnya belum dimiliki peserta, setelah itu peserta diberi buku panduan yang disusun sendiri oleh instruktur yang berjudul MODUL LUMION.

Lumion merupakan perangkat lunak yang memiliki keindahan rendering yang luar biasa bila dibandingkan dengan software sejenis, yang memungkinkan kita membuat desain gambar 3 Dimensi dengan kualitas rendering real-time. Lumion bukan hanya memberi rendering foto tetapi juga mampu memberikan fasilitas animasi video pada desain kita, sehingga apabila kita memiliki waktu persiapan yang sedikit untuk presentasi kepada klien, maka desain bangunan kita terbantu secara cepat dengan lumion, bahkan tanpa perlu polesan dengan software lain seperti photoshop. Selain banyak efek indah yang diperoleh, lumion juga menyediakan obyek instan seperti tanaman, kendaraan, orang, hewan, serta obyek interior dan eksterior. Dan tentu saja obyek instan ini diperoleh dengan mudah dan tampak nyata dengan sentuhan animasinya. 

Tahap pertama yang dilakukan peserta dalam IHT ini adalah dengan mengimpor gambar hasil desain sketchup minggu lalu ke dalam lumion, setelah mempelajari antar muka lumion lalu peserta dapat menambahkan obyek, editing, penambahan efek, memberi material sampai pada pembuatan foto dan animasi video. Apabila ada peserta yang masih kesulitan dalam mempraktikkan perangkat lunak ini, maka peserta dapat membaca modul tutorial yang berisi 48 halaman dengan 20 langkah-langkah mendesain dengan lumion yang antara lain, (1) antar muka lumion, (2) membuat scene baru di lumion, (3) menjelajah dalam lumion, (4) impor model ke dalam lumion, (5) menambahkan obyek, (6) menghapus obyek, (7) memindah obyek, (8) mengubah ukuran obyek, (9) mengubah posisi obyek, (10) memutar arah obyek, (11) mengatur properti obyek, (12) menggunakan context menu, (13) menambah obyek orang atau binatang, (14) membuat lampu dan obyek spesial lainnya, (15) memberi efek air mancur, api, asap, dan daun, (16) mengubah landscape, (17) mengatur cuaca/awan, (18) memberi material pada obyek, (19) menyimpan gambar, dan (20) membuat movie.

Sampai pada IHT pertemuan ketiga ini, syukur Alhamdulilah rekan-rekan Guru dari Pamekasan dan Mojokerto masih istiqomah hadir. Dengan jumlah peserta hadir 16 dari 23 yang terdaftar, IHT ini masih tetap memberikan kesan yang mendalam karena banyak hal-hal baru yang bisa dijadikan pelajaran berharga. Selanjutnya panitia akan menunggu sampai maksimal 2 minggu untuk mendapatkan tugas-tugas yang akan dikumpulkan peserta, setelah itu laporan baru dapat diproses untuk bisa mendapatkan sertifikat pelatihan 30 jam yang akan ditandatangani oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Kota Malang dan Batu.

Catatan: 
Dokumentasi dapat dilihat pada tautan ini.
Modul dapat didownload di Menu Karya Guru

By : WIG



0 komentar:

Posting Komentar

RSS Feed   Berlangganan Informasi melalui E-mail